Kegiatan Sosial Baznas Terus Berlanjut, Giliran Kelurahan Buring disambangi

Malang – Kegiatan Sosial dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang terus berlanjut.  Kali ini Baznas menyambangi Masjid Nurul Barokah, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Disana sekitar 200 anak yatim dari berbagai Kelurahan di Kota Malang, segera akan diajak keliling ke Mall. Selain itu, juga akan dipertemukan dengan orang tua asuh.

Jumlah tersebut adalah sabagian dari target 1000 anak yatim yang diverifikasi tim Pendamping Kemandirian Kesehatan Masyarakat (PKKM) Baznas Kota Malang.

Direktur Bidang Kesehatan dan Sosial Baznas Kota Malang, Erna Susanti menjelaskan, di setiap Kelurahan yang menjadi binaan Basnas, ditugaskan 5 kader untuk memverifikasi kondisi riil masyarakat.

Kami memverifikasi 1000 anak yatim di Kota Malang, untuk menjadi obyek distribusi zakat maupun infaq yang dikelola Baznas. Dari jumlah itu, dilakukan verifikasi ulang, diambil 200 anak yang benar – benar memprihatinkan. Nantinya diajak jalan – jalan ke Mall.

Selain itu, juga akan dipertemukan dengan orang tua asuhnya,” tutur Erna saat pemberian santunan anak yatim dan lansia di masjid Nurul Barokah, Kelurahan Buring, Jum’at (25/05).

Ia melanjutkan, dipilihnya Kelurahan Buring sebagai salah satu lokasi pemberian santunan, menurutnya Buring adalah kawasan Kota Malang bagian timur yang juga memerlukan perhatiannya. Banyak lansia dan anak yatim yang membutuhkan bantuan untuk keperluan konsumtif.

Kelurahan Buring adalah paling timur di Kota Malang, yang membutuhkan perhatian, karena sosial ekonominya kurang bagus. Selain memang salah satu kelurahan binaan Baznas, daerah ini lumayan jauh dari perkotaan. Selain bantuan uang, seperangkat alat sholat kami berikan. Ini juga salah satu pembinaan Kerokhanian, setelah Lingkungan dan Kesehatan

Selain Buring, beberapa kelurahan yang juga akan mendapatkan santunan diantaranya, Cemoro Kandang, Kedungkandang, Kota Lama, Kasin, Merjosari, Bandun Rejosari, Arjowinangun dan Kebonsari. Dalam teknis pelaksanan pemberian santunan, bekerjasama dengan takmir masjid setempat.

Salah satu tokoh masyarakat yang juga mewakili takmir setempat mengatakan, dirinya bersama warga sekitar menyambut baik program tersebut.

Kami sangat senang, semoga program ini bisa berjalan terus, dan tempat kami selalu mendapat bagian,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *